"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Informasi Umum Desa Ceruk


Desa Ceruk menurut sejarahnya tidak terlepas dari Kecamatan Bunguran Timur, karena desa Ceruk merupakan bagian wilayah dari kecamatan Bunguran Timur. Pada tahun 2006 melalui Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Nomor 16 Tahun 2006 dibentuklah Kecamatan Bunguran Timur Laut. Melalui Peraturan Daerah tersebut maka Desa Ceruk masuk ke wilayah Kecamatan Bunguran Timur Laut. Menurut sejarahnya Desa Ceruk telah ada sejak tahun 1928 M pada zaman Hindia Belanda.

Peta Wilayah
Jumlah Penduduk
Penduduk merupakan suatu faktor yang sangat mepengaruhi dalam kemajuan suatu wilayah, baik dalam penyelengaraan Pemerintah Desa itu sendiri maupun dalam peneyelengaraan pembangunan di wilayah desa tersebut, karena itu Penduduk suatu wilayah hendaknya di ketahui dengan pasti perkembangannya, mengingat jumlah penduduk yang tergolong besar, apabila di bina dengan baik maka akan mendorong lajunya pembangunan di desa ceruk ini.

Oleh karena itu penduduk dikatakan sebagai Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berpotensi dalam menunjang pembangunan di Desa, artinya setidaknya masalah penduduk menjadi perhatian yang cukup penting dalam penyusunan perencanaan pembangunan Desa, karna kemungkinan besar juga masalah kependudukan yang tidak terbina akan menjadi faktor penghabat dalam menjalankan proses pembangunan yang ada di Desa.

Adapun Penduduk Desa Ceruk ini berdasarkan data yang ada sampai tahun 2015 ini berjumlah jiwa berikut jenis kelamin dan umur terdiri dari laki-laki atau perempuan.
Berdasarkan pengelompokkan Umur, berikut data Penduduk di Desa Ceruk :
  • Umur 0 - 17 Tahun : Laki-laki 192 Jiwa, Perempuan 197 Jiwa, Total : 389 Jiwa
  • Umur 18 - 56 Tahun : Laki-laki 289 Jiwa, Perempuan 249, Total : 538 Jiwa
  • Umur 57 Tahun ke atas : Laki-laki 29 Jiwa, Perempuan 35, Total : 64 Jiwa
  • Jadi dari data di atas, Total Jumlah Penduduk Desa Ceruk adalah : 991 Jiwa
Kondisi Geografi
Banyaknya Curah Hujan di Wilayah Ceruk : 1.500 mm/thn, Ketinggian tanah dari permukaan laut : 3M. Topografi berupa dataran rendah, berbukit & bergunung Suhu Udara rata-rata : 28 – 32 0C Berdasarkan iklim dan curah hujan Desa Ceruk dipengaruhi oleh beberapa musim dan merupakan iklim tropis dengan pembagian musim sebagai berikut :
  1. Musim Utara
  2. Musim Selatan
  3. Musim Barat, dan
  4. Musim Timur
Masyarakat Desa Ceruk pada umumnya mengelola lahan perkebunan :
  1. Karet
  2. Kelapa
  3. Durian
  4. Sagu
  5. Cengkeh
Lahan Perkebunan yang Luasnya ± 50 Ha, dan untuk lapangan ± 4 Ha, Prasarana Perkantoran ± 0,5 Ha, Tanah Kas Desa ± 2 Ha, Tanah Persiapan ± 500 Ha, Selebihnya tanah Pemukiman Penduduk dan Hutan Lindung yang Berhadapan langsung dengan Desa Ceruk.

Pemukiman Penduduk sebagian besar berada di daerah daratan rendah dan pengunungan, oleh Karena itu penghasilan masyarakat yang utama adalah di Bidang Perkebunan dan Pertanian, tetapi tidak menutup kemungkinan ada sebagaian masyarakat desa ini bergantung hidupnya pada peternakan Sapi, ayam dan itik karena untuk menambah mata pencarian mereka sendiri, terkadang faktor cuaca juga menjadi penghabat pendapatan masyarakat , apalagi di musim Utara dimana curah Hujan makin banyak yang membuat masyarakat tidak bisa Untuk menayadap Karet dan berkebun karena di serang hama penyakit yang biasa terjadi Pada Bulan September – Februari.

Potensi dan kondisi desa seperti ini, hendaknya mendapat perhatian lebih dari Pemerintah, untuk mengelola potensi desa kearah yang lebih baik dan maksimal ( efektif & efisien ) untuk Bisa Megakomodir kepentingan dan Aspirasi Masyarakat desa Khususnya Desa Ceruk ini.

Keadaan Media Informasi, Komunikasi dan Transportasi
a. Media Informasi .
Masyarakat desa Ceruk pada umumnya Rata-rata Sudah memiliki sebuah media yang berupa informasi dari luar-luar seperti informasi yang tertuang dalam televisi atau siaran yang bermuatkan informasi televisi dan Radio, sebagaian kecilnya ada juga Belum memiliki Prasarana Tersebut, Masyarakat Desa Ceruk Juga Rata-rata sudah memakai Penerangan dengan Mengunakan Listrik PLN hanya sebagian Kecil aja yang belum Mengunakan Listrik PLN.

b. Media Komunikasi
Desa Ceruk termasuk Desa yang paling ujung dari tujuh desa yang ada di kecamatan bunguran timur laut, sebagaimana termasuk desa yang sangat jauh dari Kabupaten, maka dari itu sangat membutuhkan pelayanan atau kepedulian terhadap kelancaran arus lalulintas agar komunikasi antar desa Ceruk ke Kecamatan atau ke Kabupaten terjangkau dalam waktu yang secara cepat ( tidak terhambat ). Dilihat dari jenis komunikasi yang jelas desa Ceruk Sudah memiliki TELPON Umum yang biasanya digunakan oleh masyarakat maupun untuk perkantoran hanya Tidak beroprasi Dengan Baik karna di sebabkan oleh Jaringan yang kurang memuaskan sehingga Masyarakat Banyak mengunakan HP pribadi.

c. Media Transportasi
Transportasi merupakan bagian dari alat komunikasi yang bisa melancarkan segala aktivitas baik itu bagi petani, Pekebun, Pternak, Pengrajin maupun pedagang pada umumnya, Selain itu juga masih banyak keperluan yang dibutuhkan dalam alat transportasi ini diantaranya untuk mengantar dan menjemput khususnya bagi anak sekolah dan peserta didik yang kondisi sangat jauh dari sekolahannya. Desa Ceruk sudah memiliki Transportasi yaitu ; Mitsubisi/Astrada, Dum Truk dan Bus karena daya guna Masyarakat membutuhkan, maka dari itu keinginan untuk memperoleh alat transportasi baik roda dua maupun roda empat seperti keinginan memiliki sebuah kenderaan mobil/truk yang di khususkan untuk angkutan anak sekolah yang kondisinya sangat jauh dari desa Ceruk ke desa tanjung alhamdulillah sudah terpenuhi.

Dilihat dari segi Perhubungan transportasi atau semacam prasarana desa yang berkaitan dengan kondisi jalan yang menghubungkan antara desa Ceruk denga desa Tanjung kurang baik untuk dilewati atau dilalui, hal itu disebabkan kerusakan yang berat terhadap jalan.



Sumber: http://www.desaceruk.natunakab.go.id/
               https://www.google.co.id/

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Informasi Umum Desa Ceruk. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Informasi Umum Desa Ceruk
Description : Desa Ceruk menurut sejarahnya tidak terlepas dari Kecamatan Bunguran Timur, karena desa Ceruk merupakan bagian wilayah dari kecamatan Bu...

0 Response to "Informasi Umum Desa Ceruk"

Posting Komentar