"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Kekah, Primata Endemik Natuna yang Mulai Punah


Monyet  Kekah (Presbytis Natunae) adalah hewan primata langka yang hanya ada di Kabupaten Natuna yakni Pulau Bunguran Besar. Monyet Kekah Natuna merupakan fauna yang mengalami ancaman kepunahan paling besar dan serius. Salah satu ancaman terbesarnya adalah kehilangan habitat akibat konversi lahan dan perburuan. Banyaknya orang yang ingin memlihara Monyet Kekah ini, karena secara morfologi bentuknya sangat lucu dan unik, tubuhnya dibalut oleh bulu-bulu berwarna hitam tebal dan diselingi warna putih dengan ciri khas wajah seperti memakai kaca mata. Selain itu hewan ini juga mudah jinak, dan dianggap memiliki nilai prestisius bila memeliharanya.

Kekah Natuna merupakan fauna yang mengalami ancaman paling besar dan serius. Salah satu ancaman terbesarnya adalah kehilangan habitat akibat konversi lahan dan perburuan. Selain itu, jenis primata endemik ini sangat dikenal oleh masyarakat Natuna, karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kekah Natuna dijual dengan harga antara Rp. 300.000,- hingga Rp. 800.000,- per ekor. Kekah yang masih muda memiliki nilai jual lebih tinggi, begitu juga kekah dewasa yang sudah terlatih atau jinak.

Banyaknya orang yang ingin memelihara Kekah Natuna ini, karena secara morfologi bentuknya sangat lucu dan unik, tubuhnya di baluti oleh bulu-bulu berwarna hitam tebal dan di selingi warna putih dengan ciri khas wajah seperti memakai kacamata. Selain itu hewan ini juga mudah jinak, dan dianggap memiliki nilai prestisius bila memeliharanya. Beberapa orang yang memelihara kekah mengaku sangat mudah merawatnya, karena kekah mau diberi makan apa saja, seperti makanan yang biasa dimakan manusia (nasi, roti, susu, pisang, dan sayur-sayuran). Tentu saja banyak kasus kekah yang mati dalam pemeliharaan akibat konsumsi pakan yang tidak sesuai.

Selain itu primata ini di anggap menjadi musuh petani karena hewan sejenis kera ini suka memakan buah-buahan, dedaunan, dan umbi-umbian. Dengan banyaknya penebangan hutan dan di bukanya perkebunaan karet hewan ini semakin terancam habitatnya Karena ketiadaan kawasan konservasi di Kepulauan Natuna. Oleh karena itu, aksi perlindungan terhadap Kekah Natuna sangat mendesak untuk segera dilakukan. Bila tidak, dalam waktu dekat Kekah Natuna akan mengalami kepunahan, dan bumi ini akan kehilangan salah satu jenis primata endemiknya di Indonesia.



Sumber: http://pariwisata.natunakab.go.id/
               http://www.kekah.com/

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Kekah, Primata Endemik Natuna yang Mulai Punah. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Kekah, Primata Endemik Natuna yang Mulai Punah
Description : Monyet  Kekah (Presbytis Natunae) adalah hewan primata langka yang hanya ada di Kabupaten Natuna yakni Pulau Bunguran Besar. Monyet Keka...

0 Response to "Kekah, Primata Endemik Natuna yang Mulai Punah"

Posting Komentar