"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Laporan Praktikum Jaringan Pada Hewan


Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama. Jaringan pada hewan dibedakan atas 4 jenis jaringan utama : jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan syaraf. Jaringan ini tidak terdapat sebagai satuan-satuan terpisah tetapi saling berhubungan satu sama lain membentuk berbagai organ.

Jaringan epitel merupakan jaringan yang membatasi tubuh dengan lingkungannya, baik disebelah luar maupun disebelah dalam seperti pada dinding usus, pembuluh darah dan lain-lain. Jaringan epiteel terdiri dari sel-sel polyhedral yang berkumpul dengan erat, dengan sangat sedikit zat antar sel. Bentuk dan ukuran sel-sel jaringan epitel bervariasi, gepeng (skuamosa), kubus, bersilia, glandular dan tabung.

Jaringan ikat merupakan jaringan yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk tubuh hewan. Beberapa jenis jaringan ikat adalah jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, jaringan lemak, rawan, tulang dan darah.

 Jaringan ikat longgar 
Jaringan yang mengisi ruang diantara serabut dan sarung oto, mrenyongkong jaringan epitel dan membentuk lapisan yang mengelilingi pembuluh limfe dan pembuluh darah.

 Jaringan ikat padat
Mengandung serabut-serabut, terutama serabut kolagen. Sel-selnya terdiri atas fibroblast (sel pembentuk seabut). 

 Jaringan rawan
Ada 3 jenis jaringan rawan, yaitu hialin (bentuk terbanyak), matriksnya mengandung serabut kolagen, elastic matriksnya mengandung serabut kolagen dan sejumlah besar serabut elastic. Fibrosa(fibrokartilago), yang mengandung matriks padat.

 Tulang
Tulang merupakan salah satu jaringan terkeras (zat antar selnya mengandung kalsiium fosfat) didalam  tubuh yang berfungsi melindungi organ vital tubuh hewan.

 Darah
Darah dibentuk dari 2 bagian : sel-sel darah dan zat antar sel yang berupa cairan yang disebut plasma darah.
Pada mamalia dibedakan 3 jenis jaringan otot berdasarkan sifat-sifat morfologik dan fungsionalnya, yaitu otot polos, otot lurik (bergaris melintang) dan otot jantung.
Secara anatomis, system syaraf dibagi menjadi sistem syaraf pusat yang terdiri dari otak dan medulla spinalis, dan system syaraf tepi yang terdiri dari serabut syaraf dan kumpulan kecil sel-sel yang disebut ganglion syaraf.

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Laporan Praktikum Jaringan Pada Hewan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Laporan Praktikum Jaringan Pada Hewan
Description : Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama. Jaringan pada hewan dibedakan atas 4 jenis jaringan utama : jaring...

0 Response to "Laporan Praktikum Jaringan Pada Hewan"

Posting Komentar