"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Bu Menteri, Natuna Siapkan Dana Rp 50 M untuk Pelabuhan Ikan

Pemerintah pusat menyediakan anggaran Rp 50 miliar di APBN 2015 untuk pembangunan pelabuhan perikanan di Selat Lampa Natuna. Pembangunan pelabuhan perikanan itu diharapkan mampu menghapuskan transaksi jual-beli ikan di tengah laut oleh kapal asing.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri Raja Ariza menyampaikan, anggaran Rp 50 miliar itu langsung dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan pusat.


Dana tersebut khusus untuk membangun fisik pelabuhan. Sedangkan untuk penyediaan cool storage atau alat pendingin ikan, tempat pelelangan ikan maupun pabrik pengolahan ikan dianggarkan pada tahun anggaran 2016 mendatang.

“Pelabuhan perikanan di Selat Lampa Natuna itu akan dibangun dalam ukuran besar. Sehingga kapal-kapal perikanan melakukan transaksi jual-beli ikan cukup di pelabuhan itu. Tidak ada lagi transaksi jual-beli di tengah laut. Baik pembeli kapal asing yang memiliki izin maupun kapal lokal,” ujar Raja Ariza di Bintan, Senin (22/12).

Raja Ariza mengatakan, potensi kapal yang bersandar di Pelabuhan Selat Lampa Natuna itu berkisar 3.000 sampai dengan 4.000 armada setahun. Potensi sandar kapal tersebut bisa tertampung Pelabuhan Selat Lampa Natuna dan Pelabuhan Perikanan Antang di Anambas.

“Dengan pembangunan pelabuhan perikanan itu, pemerintah akan mudah mengawasi dan bisa mendapatkan PAD,” jelas Raja Ariza.

Sedangkan untuk Pelabuhan Antang di Anambas, Raja Ariza menyebutkan, fasilitas pabrik pengolahan ikan, cool storage maupun fasilitas air dan penyediaan es sudah tersedia.

Pemerintah berharap agar nelayan memanfaatkan fasilitas tersebut. Karena sudah ada moratorium dari pemerintah pusat, larangan transaksi jual-beli ikan di tengah laut.



Sumber: http://batampos.co.id/

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Bu Menteri, Natuna Siapkan Dana Rp 50 M untuk Pelabuhan Ikan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Bu Menteri, Natuna Siapkan Dana Rp 50 M untuk Pelabuhan Ikan
Description : Pemerintah pusat menyediakan anggaran Rp 50 miliar di APBN 2015 untuk pembangunan pelabuhan perikanan di Selat Lampa Natuna. Pembangunan pe...

0 Response to "Bu Menteri, Natuna Siapkan Dana Rp 50 M untuk Pelabuhan Ikan"

Posting Komentar