"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Sedanau


Sedanau adalah salah satu pulau di Kabupaten Natuna. Masyarakatnya terkenal paling makmur karena dengan kekayaan ikannya. Faktor ini juga menjadikan Sedanau ibukota kecamatan bagi Natuna Barat.

Tapi tahukan Anda asal usul penamaan Pulau Sedanau? Terdapat dua versi yang menceritakan asal nama Pulau Sedanau. Pertama, nama Sedanau disematkan pada pulau ini berawal dari keberadaan sebuah danau yang ada di pulau itu. 

Danau ini jadi lalu lintas masyarakat yang keluar masuk ke pulau itu. 

Sedangkan versi kedua, Sedanau berasal dari kata Sedu Sedan. Konon ada orang raya yang berkuasa di pulau itu bersama Rama minta bantuan kepada Kerajaan Daik Lingga ketika sering mendapat ancaman dari bajak laut.  Para bajak laut itu berasal dari Suku Moro dan Mindanau Philipina. 

Dalam perjalan menuju Diak, di tengah lautan ia bertemu dengan bajak laut dari Riau yang di pimpin oleh Panglima Hujan.  Orang Kaya Rama pun berunding dengan gerombolan bajak laut itu. Singkat kata, bajak laut asal Riau itupun bersedia memberikan bantuannya kepada warga Sedanau.

Pada saat pertempuran berkecamuk, tiba-tiba Panglima Hujan terkena sabetan pedang pasukan bajak laut dari Moro dan Mindanau. Kemudian sang panglima dilarikan ke sebuah tempat yang diberi nama Tanjung Wilayah di Pulau Sedanau. Namun malang tak dapat ditolak, sang Panglima Hujan pun meninggal ditempat itu juga dan dimakamkan pada tempat yang sama.

Dengan meninggalnya Panglima Hujan, maka para anggota bajak laut dari Riau dan warga setempat pun dilanda rasa sedu sedan yang mendalam. Siang malam mereka berkumpul di tempat tersebut. 

Masa berkabung itulah dikenal dengan masa sedu sedan. Akhirnya suasana berkabung itu diabadikan menjadi nama pulau tempat peristiwa itu berlangsung dengan sebutan Sedanau.
Pulau Sedanau juga dikenal oleh masyarakat Natuna dengan nama Pulau Genting.



Sumber: http://haluankepri.com/natuna

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Sedanau. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Sedanau
Description : Sedanau adalah salah satu pulau di Kabupaten Natuna. Masyarakatnya terkenal paling makmur karena dengan kekayaan ikannya. Faktor ini j...

0 Response to "Sedanau"

Posting Komentar