"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Tragedi Terbesar Dalam Stadion Sepakbola

Dalam sepanjang sejarah sepakbola, terjadi banyak tragedi di dalam dan di luar lapangan. Sudah sering pertandingan sepakbola yang seharusnya menjadi ajang mencari hiburan justru berubah menjadi tragedi yang merenggut banyak korban nyawa. Sebagian besar tragedi yang terjadi sebenarnya bisa dicegah karena terjadi lantaran kesalahan manusia. Namun biasanya setiap terjadi suatu tragedi, standar keamanan dalam stadion akan selalu ditingkatkan.

Berikut adalah deretan tragedi terbesar dalam stadion sepakbola. Data ini diurutkan secara kronologis.


El Monumental

Tahun: 1968
Tim Yang Bermain: River Plate vs Boca Juniors
Korban: 71 tewas dan 150 luka-luka

Pertandingan paling panas di dunia bertajuk Superclasico antara River Plate melawan Boca Junior selalu saja berlangsung dalam tensi tinggi. Fans kedua tim juga sering bentrok, namun yang terparah terjadi pada 1968.

Banyak versi tentang penyebab tragedi ini. Yang paling populer adalah fans Boca di tribun atas melempar koran dan bendera River yang dibakar ke tribun di bawah mereka. Tindakan itu memicu kepanikan dan ribuan fans berusaha untuk keluar lewat gerbang 12. Sayangnya, gerbang itu tak bisa dibuka dan puluhan fans akhirnya tewas terhimpit.


Ibrox Park

Tahun: 1971
Tim Yang Bermain: Rangers vs Celtic
Korban: 66 tewas dan 200 luka-luka

Kali ini Old Firm meminta korban jiwa. Pertandingan tensi tinggi antara Ranger kontra Celtic sebenarnya berjalan baik-baik saja hingga pertandingan hampir berakhir.

Celtic unggul 1-0 pada menit 90 dan memicu fans Rangers untuk meninggalkan stadion. Namun pada saat-saat terakhir Rangers mampu menyamakan kedudukan. Gol Rangers membuat fans yang sudah berusaha masuk ke stadion lagi.

Kekacauan tak bisa dihindarkan ketika fans yang ingin keluar harus berbagi jalan yang sempit dengan fans yang ingin keluar. banyak anak-anak yang menjadi korban dalam insiden ini.


Zamalek Stadium

Tahun: 1974
Tim Yang Bermain: Zamalek vs Dupla Praha
Korban: 50 tewas dan 50 luka-luka

Tragedi ini terjadi karena kesalahan pihak penyelenggara pertandingan. Panitia awalnya merencanakan untuk menggelar laga persahabatan di Nasser Stadium yang berkapasitas 80 ribu tempat duduk.

Namun kemudian venue pertandingan dipindah ke stadion Zamalek yang hanya berkapasitas 40 ribu tempat duduk. Fans yang takut tak kebagian tempat segera menyerbu masuk stadion dan mengakibatkan tembok roboh.


Karaiskakis Stadium

Tahun: 1981
Tim Yang Bermain: Olympiacos vs AEK Athens
Korban: 24 tewas dan puluhan luka-luka

Pada 8 Februari 1981 Olympiacos menjamu AEK Athens dalam liga Yunani. Secara mengejutkan Olympiacos mampu menggunduli tamunya dengan skor 6-0.

Fans Olympiacos yang gembira berusaha turun dan keluar untuk merayakan kemenangan itu bersama para pemain. Sayang, pintu gerbang dikunci dan fans tidak mengetahui hal itu. Mereka terus berusaha keluar dan akhirnya menjepit fans di bagian depan. Sebagian besar korban tewas mengalami kesulitan bernafas.


Luzhniki Stadium

Tahun: 1982
Tim Yang Bermain: Spartak Moskow vs Haarlem
Korban: 66 korban tewas

Dalam laga putaran kedua Piala UEFA antara Spartak Moskow melawan Haarlem, terjadi insiden yang merenggut banyak korban jiwa. Kejadiannya hampir mirip dengan tragedi Ibrox Park tahun 1971.

Fans yang sudah keluar dari stadion ingin kembali namun terhimpit di antara penonton lain yang ingin keluar. Fans ingin masuk ke stadion lagi karena Spartak mencetak gol pada akhir pertandingan.


Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Tragedi Terbesar Dalam Stadion Sepakbola. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Tragedi Terbesar Dalam Stadion Sepakbola
Description : Dalam sepanjang sejarah sepakbola, terjadi banyak tragedi di dalam dan di luar lapangan. Sudah sering pertandingan sepakbola yang seharus...

0 Response to "Tragedi Terbesar Dalam Stadion Sepakbola"

Poskan Komentar