"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Pilih Nyuruh atau Merintah?

Siapa pun pasti pernah ngalamin yg namanya disuruh ia kan? Misalnya seperti disuruh masukin kambing ke kandang atau disuruh ambil sepatu yg lagi dijemur diatas genteng. Tapi kalo kalimat suruhan berubah jadi perintah? 

Memang kadang kata suruhan yg bersifat 50% suka rela 50% ga enak hati ini berubah seperti sebuah kalimat perintah yah entah bagaimana awalnya sih tiba-tiba kalimat itu jadi semacam titah kaisar dari klingon sana, itu bikin bete lho. Berikut definisinya: 

- nyuruh itu mgkn terkesan lebih halus dlm pengucapannya seperti seorang ibu nyuruh mandi anaknya, kenapa anaknya? Yah kalo nyuruh anak tetangga ga etis aja sih. Atau seperti seorang ayah nyuruh kita makan, nyuruh tidur, ke warung, manjat tower, ngaduk semen, gali sumur dsb. Eh tunggu bentar, kamu anak apa tukang sih? 

Biasanya nyuruh dilengkapi dgn kata "tolong" atau "kalo kamu sempet" dsb. Bahkan ada juga yg sebelum nyuruh dibae'in dulu pake jurus-jurus rayuan tertentu. Misalnya gelendotan, peluk-peluk, cium-cium atau mungkin jitak-jitak bahkan gaplok-gaplokan? Hmmm 

Nah nyuruh juga biasanya disesuaikan dgn posisi dan keadaan kamu, misalnya: kamu mau kedapur trus skalian disuruh bawain piso kedepan atau kamu skalian ke warung disuruh beli cabe, bawang, gula, kopi, micin, garam. Wah kamu pasti ari anggara banget deh kalo kaya gini ceritanya. 

- kalo merintah itu berarti hal yg harus dilakukan, tidak boleh tidak misalnya perintah raja, perintah majikan, perintah bos atau bahkan perintah istri eh salah deh. 

Karna ini bersifat "wajib" jadi ga pandang bulu mau siapa aja, kapan aja, dimana aja harus dilakukan dan pastinya ga pake kata-kata pembuka atau rayuan kaya diatas. 

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Pilih Nyuruh atau Merintah?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Pilih Nyuruh atau Merintah?
Description : Siapa pun pasti pernah ngalamin yg namanya disuruh ia kan? Misalnya seperti disuruh masukin kambing ke kandang atau disuruh ambil sepatu ...

2 Responses to "Pilih Nyuruh atau Merintah?"

  1. Postingan yang berguna sekali Gan, than you ^_^

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus sob..aku lebih suka menyuruh daripada memerintah, kebetulan aku ini atasan dari suatu kelompok kerja..jadi seringnya aku menyuruh atau minta tolong kepada bawahan..oke sob trimakasih..salam..

    BalasHapus