"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Cerita Mendu




Didalam permainan mendu ada dialog dan nyanyian lagu-lagu Mendu, baik saat dialog berdua maupun suasana perperangan. Lagu-lagu tersebut sebanyak 14 buah, lagu yang terdiri dari :
  1. Lagu nomor 1 (satu), antara Dewa Mendu dengan Mamak Mentri.
  2. Lagu Serawak
  3. Lagu Indar, Dewa Mendu dengan Wasir Mentri
  4. Lagu Pecah Wangkang
  5. Lagu Catuk, lagu untuk pahlawan
  6. Lagu Lemak Lamaun, Dewa Mendu dengan Anaknya
  7. Lagu Singkawang, Dewa Mendu dengan Anaknya
  8. Lagu Bawang Putih, Tuan putri sedang bermain di taman bunga
  9. Lagu Air Mawar, saat berperang
  10. Lagu hilang wayat, saat berladun
  11. Lagu Tari Inai, Lahu Tok Imam, Tok Niaga, Yok Ketet
  12. Lagu Membawa Nasib, tuan putir saat berduka
  13. Lagu Berkelana Kumun, pengiring saat berjalan di hutan
  14. Lagu Lakau, Datok Mentri saat berperi
Kesenian Mendu ini menceritakan bahwa di dalam suatu kerajaan Antapura yang dipimpin oleh seorang Raja Langkadura namanya, ia mempunyai seorang putri yang pada waktu itu terkenal dengan kecantikannya bernama Siti Mahdewi.
Karena kecantikannya hingga terdengar oleh Raja Laksmalik, dan Raja tersebutpun berniat untuk meminang si Putri Siti Mahdewi tersebut. Dan pinangannya tersebut di tolak oleh ayahnda putri Siti Mahdewi. Dan Raja Laksmalikpun marah besar karena pinangannya ditolak oleh ayahanda Putri Siti Mahdewi tersebut, maka di sihirnyalah Putri Siti Mahdewi menjadi seekor gajah putih. Dan oleh ayahandanya gajah putih tersebut dibuangnyalah kehutan belantara.
Tak lama kemudian turunlah dari kayangan adik Dewa Mendu yang bernama Angkara Dewa dan kemudian menyusullah Dewa Mendu. Setelah sekian lama mereka turun ke bumi dan bertemu dengan gajah putihtersebut, dalam perjalanan yang panjang berhasillah si Angkara Dewa merubah gajah putih tersebut menjadi wujud aslinya yaitu seorang putri yang cantik tak lain dan tak bukan ialah putri Siti Mahdewi.
Karena kecantikannya yang sangat memikat, Angkara Dewa dan Dewa Mendu pun berselisih paham untuk memiliki Putri Siti Mahdewi. Akhir dari cerita ini sang adikpun mengalah dan Putri Siti Mahdewipun di persuntingkan oleh sang kakak yaitu Dewa Mendu.
Mendu Pulau Bunguran pernah di pentaskan di taman Ismail Marzuki Jakarta pada tahun 1990 dan mengikuti Festival Visit Asean Years 1992 di Tanjung Pinang.

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Cerita Mendu. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Cerita Mendu
Description : Didalam permainan  mendu  ada dialog dan nyanyian lagu-lagu Mendu, baik saat dialog berdua maupun suasana perperangan. Lagu-lagu te...

0 Response to "Cerita Mendu"

Posting Komentar