"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Cara Menghentikan Lionel Messi

Bagaimana menghentikan Lionel Messi? Pertanyaan itu kerap melintas di benak semua orang, khususnya tim lawan yang berhadapan dengan Barcelona atau ArgentinaTidak sulit mendeskripsikan kehebatan La Pulga. Dia diakui sebagai pemain terbaik sejagat dan memiliki potensi untuk menjadi nomor satu dalam sejarah persepakbolaan dunia. Seiring berjalannya waktu, Messi terus berkembang dan menunjukkan kualitas permainan yang sanggup membuat kita sampai kehilangan kata-kata. Gelontoran 91 gol selama satu tahun dan empat trofi Ballon d'Or secara beruntun adalah bukti yang paling nyata.

Akan tetapi, layaknya dalam kisah-kisah rekaan, bahkan jagoan terkuat pun pasti memiliki kelemahan. Misalnya saja Superman sang manusia baja dengan Kryptonite yang dapat membuatnya tak berdaya.

Lalu, jika Messi adalah Superman versi lapangan hijau, apa atau apa sajakah Kryptonite yang dapat menghentikannya?

Taktik Smart Fouling

Metode smart fouling atau pelanggaran cerdik adalah salah satu alternatif untuk membuat Messi tidak bisa menuntaskan pekerjaannya dengan baik. Pelanggaran seperti ini bukan bertujuan untuk mengeluarkan Messi dari lapangan. Sebaliknya, ini dilakukan guna menghambat arus serangan Barcelona dan memaksa mereka mengulanginya dari awal. Misalnya, dengan menarik kaus. Jika Messi berlari membawa bola ke arah gawang, bek-bek lawan bisa saja menarik kausnya untuk menghentikan permainan. Dengan bunyi peluit, ancaman kebobolan terhindar setidaknya untuk sementara dan barisan pertahan bisa menyusun ulang dinding di depan gawang yang sempat retak.

Bus di Depan Gawang

Jika Kryptonite pertama dan kedua tak juga mempan, masih ada Kryptonite ketiga yang sejauh ini dianggap paling kuat, yakni bus di depan gawang. Jika ditelusuri lebih jauh, sepertinya kelemahan utama Messi tidaklah jauh beda dengan Barcelona itu sendiri. Tahun lalu, dunia menyaksikan efek yang dihasilkan strategi parkir bus terhadap Messi ketika Chelsea mengeliminasi sang raksasa Catalan dari pentas Eropa.Strategi defensif merupakan musuh alami style of play Messi. La Pulgasendiri mulai alergi dengan pola defensif ini. Usai disingkirkan The Blueswaktu itu, Messi mengatakan bahwa "tim-tim sekarang lebih mementingkan hasil akhir daripada memainkan sepak bola indah" (viaMirror). Sepertinya, strategi parkir bus pun bakal tetap diterapkan oleh tim-tim yang menilainya sebagai cara terbaik untuk menghentikan Messi dan Barcelona. Kalau bisa menang, kenapa tidak? Sesederhana itu.

Bagi tim yang memiliki keunggulan fisik dan organisasi pertahanan yang rapi, bermain defensif merupakan salah satu strategi terbaik untuk meraih kemenangan.


Apakah Semua Itu Berguna?


Meski dengan Kryptonite level 1, 2, 3, atau bahkan gabungan ketiganya sekaligus, Messi tetap nyaris tak bisa dihentikan. Itu semua dapat digunakan untuk memperlambatnya saja. Meski rekan-rekannya tidak dalam performa optimal, Messi masih bisa mengatasinya. Itu karena dia memiliki kemampuan untuk meruntuhkan dinding pertahanan lawan, baik dengan gol maupun assist yang dikreasinya. Taktik smart fouling pun bisa berguna, tapi hanya akan menghambat laju Messi untuk sementara, bukan menyegelnya sepanjang pertandingan. Ini tidak bisa dijadikan solusi. Bagaimana dengan pola defensif? Well, seperti yang disebut di awal, Messi adalah pemain yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Strategi memarkir bus mungkin pernah berhasil melukai Messi dan Barcelona. Namun, tidak ada jaminan kesuksesan ketika bentrok lagi di masa-masa yang akan datang. Messi belum mau berhenti dan kualitasnya pun bakal terus meningkat. Itulah yang membuatnya jadi pesepakbola terbaik sejagat serta calon legenda terhebat sepanjang sejarah. Pemain seperti Messi mungkin takkan pernah muncul lagi. Jadi, selagi bisa, mari kita nikmati era ini, eranya La Pulga.


Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Menghentikan Lionel Messi. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Cara Menghentikan Lionel Messi
Description : Bagaimana menghentikan  Lionel Messi ? Pertanyaan itu kerap melintas di benak semua orang, khususnya tim lawan yang berhadapan dengan  Ba...

1 Response to "Cara Menghentikan Lionel Messi"

  1. wah iya tuh ....
    messi emang manteppp ...

    tp nanti kita lihat dipertandingan leg 2 copa del rey rabu dini hari nanti ...

    BalasHapus