"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Batu Rusia di Natuna


USSR = The Union of Soviet Socialist Republics

Batu Rusia merupakan batu yang unik karena ukuran yang besar dan memiliki pahatan lambang jangkar yang bertuliskan "USSR”. Batu Rusia mudah dijangkau karena berada dipinggir jalan besar menuju Desa Sepempang dengan jarak dari ibukota kabupaten (Ranai) sekitar ± 2,5 KM.

Pada tahun 1941 - 1952, yaitu pada masa pemerintahan Datuk Kaya Wan Muhammad Rasyid yang diangkat oleh Sultan Riau.
Saat itu terjadi peristiwa pecahnya kapal milik Rusia karena kandas di dekat Pulau Senua. Kapal tersebut membawa 43 orang awak, terdiri dari 40 laki-laki dan 3 wanita, mereka berenang ke arah Sepempang yang tidak jauh dari Pulau Senua.

Akhirnya sambil menunggu bantuan mereka beristirahat di tepi pantai tepatnya pada sebuah batu besar. 
Selama menunggu bantuan yang tak kunjung datang, merekapun memahat batu tersebut dengan kata-kata “ Selamat tinggal dan lambang jangkar yang bertuliskan USSR” dan hingga kini tulisan tersebut masih ada dan dapat kita lihat di tempat tersebut.

Lalu mereka memutuskan meminta bantuan pemimpin setempat (Datuk Kaya Wan Muhammad Rasyid) yang kebetulan pada waktu itu di Ranai sedang musim panen ikan keramba, maka segala kebutuhan mereka dijamin oleh Datuk Kaya Wan Muhammad Rasyid.

Sampai sekarang tidak diketahui dengan pasti apakah ke 43 orang Rusia tersebut dijemput atau dipulangkan ke negara asal mereka.


Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Batu Rusia di Natuna. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Batu Rusia di Natuna
Description : USSR = The Union of Soviet Socialist Republics Batu Rusia merupakan batu yang unik karena ukuran yang besar dan memiliki pahatan lamba...

6 Responses to "Batu Rusia di Natuna"

  1. Itu komet nyasar kali ya dulunya. :D

    BalasHapus
  2. kira bersejarah jugalah batu itu ya..

    BalasHapus
  3. Kunjungan Malam sob, sekalian ninggalin jejak...

    BalasHapus
  4. owh,..jadi begitu ceritanya,orang rusia nyasar dan terdampar,..hehehe

    BalasHapus