"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Batu Granit Natuna

Ternyata di balik keunikan batu tersebut, dari Kualitas batu hitam atau yang di kenal dengan sebutan Granit yang ada di kampung Rujin Padang Bulu desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, memiliki kualitas ekspor. Hal ini terlihat dari kandungan batu granit yakni Plagioklas, Alkali Feldsfar dan Kuarsa. Dengan kandungan ini, batu granit lebih keras dengan corak warrna hitam kehijauan.



Kualitas batu granit tersebut diketahui setelah dilakukan uji lab ke ITB, Bandung. Penelitian dilakukan tahun 1992 oleh Prof. Muhammad Yasin yang merupakan ahli geologi ITB.
Kandungannya membuat batu granit Natuna bisa bersaing di pasaran internasional khususnya batu granit asal RRC, yang kini menguasai pasar batu granit dunia

Berdasarkan hasil uji lab menyebutkan bahwa ada 17 poin keunggulan batu granit Natuna dibandingkan dengan batu granit RRC. Utamanya adalah kilauan batu atau Starlihgt yang lebih terang. Sedangkan kekerasannya disebutkan 6 kali lebih keras dari kekerasan batu granit yang beredar di pasaran dunia. Selain itu, batu granit Natuna, dua per tiganya mengandung Alkali Feldsfar. Selama tahap kristalisasi akhir, pada batu granit Natuna akan terbentuk Ortoklas dan Plagioklas. Pada bagian tengah mineral terdapat Alkali Feldsfar sedangkan bagian tepinya terdapat Plagioklas. Selain itu, mineral Maficnya berupa Biotic coklat dengan Inkluksiapatit Zikronallanit dan kandungan biji besi dalam jumlah sedikit.

Pasaran dunia sangat membutuhkan Tile Granit untuk kebutuhan arsitektur gedung pengganti keramik maupun marmer batu granit. Tile granit yang ada di pasaran dunia ada tiga tipe yakni hitam, hijau dan merah. Dari tiga tipe tersebut yang paling banyak diminati adalah berwarna merah dan hijau. Sedangkan batu granit Natuna merupakan tipe granit Hitam Kehijauan. Jika pengelolaan batu granit di Natuna dilakukan secara modern, maka akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, hanya saja, sejauh ini, belum ada investor yang berminat.

Di Natuna terdapat ladang batu granit seluas 1.000 Ha lebih. Hamparan batu granit tersebut tersebar di penjuru daratan dan pantai. Selama ini, perhatian pemerintah terhadap potensi batu granit Natuna masih minim. Ini membuat masyarakat setempat menganggap batu granit yang ada kurang bernilai. Masyarakat hanya memecah batu menjadi kerikil, untuk kemudian dijual ke pasaran sebagai material bangunan. Padahal, jika batu tersebut dikelola secara modern, bisa menghasilkan rupiah 10 kali lipat. Misalnya dipotong dengan alat pemotong Slad Mitord, tentu bisa menghasilkan kualitas yang lebih baik sehingga nilai jualnya lebih tinggi.


Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Batu Granit Natuna. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Batu Granit Natuna
Description : Ternyata di balik keunikan batu tersebut, dari Kualitas batu hitam atau yang di kenal dengan sebutan Granit yang ada di kampung Rujin Pad...

1 Response to "Batu Granit Natuna"