"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Apa itu NATUNA ?

Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 53 Tahun 1999 dari hasil pemekaran Kabupaten Kepulauan Riau yang terdiri dari 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Jemaja, Siantan, Midai dan Serasan dan satu Kecamatan Pembantu Tebang Ladan. Seiring dengan kewenangan otonomi daerah, Kabupaten Natuna kemudian melakukan pemekaran daerah kecamatan yang hingga tahun 2004 menjadi 10 kecamatan dengan penambahan, Kecamatan Pal Matak, Subi, Bunguran Utara dan Pulau Laut dengan jumlah kelurahan/desa sebanyak 53.

Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 14.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680 barel.  Wiih,, keren kan kurang apa lagi coba,,, NATUNA gitu loh.


Berdasarkan kondisi fisiknya sob, Kabupaten Natuna merupakan tanah berbukit dan bergunung batu. Dataran rendah dan landai banyak ditemukan di pinggir pantai. Ketinggian wilayah antara kecamatan cukup beragam, yaitu berkisar antara 3 sampai dengan 959 meter dari permukaan laut dengan kemiringan antara 2 sampai 5 meter. Pada umumnya struktur tanah terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan yang tanah dasarnya mempunyai bahan granit, dan alluvial serta tanah organosol dan gley humus.

Sedangkan iklim nya sob, Iklim di Kabupaten Natuna sangat dipengaruhi oleh perubahan arah angin. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Maret sampai dengan bulan Juli. Curah hujan rata-rata berkisar 137,6 milimeter dengan rata-rata kelembaban udara sekitar 83,17 persen dan temperatur berkisar 27,10 celcius.



Selain letaknya yang strategis kawasan Pulau Natuna dan sekitarnya pada hakikatnya dikaruniai serangkaian potensi sumber daya alam yang belum dikelola secara memadai atau ada yang belum sama sekali, yaitu:
§  Sumber daya perikanan laut yang mencapai lebih dari 1 juta ton per tahun dengan total pemanfaatan hanya 36%, yang hanya sekitar 4,3% oleh Kabupaten Natuna.
§  Pertanian & perkebunan seperti ubi-ubian, kelapa, karet, sawit dan cengkeh.
§  Objek wisata: bahari (pantai, pulau selam), gunung, air terjun, gua dan budidaya.
Ladang gas D-Alpha yang terletak 225 km di sebelah utara Pulau Natuna (di ZEEI) dengan total cadangan 222 trillion cubic feet (TCT) dan gas hidrokarbon yang bisa didapat sebesar 46 TCT merupakan salah satu sumber terbesar di Asia.


Sekarang udah tau kan sobat apa itu NATUNA? ayo sobat datang ke natuna,,, saya sebagai putra natuna bangga telah di lahir kan di  sana,,  pokoknya natuna is the best.



Katagori: Lain-lain


Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Apa itu NATUNA ?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Apa itu NATUNA ?
Description : Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata.  Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selata...

6 Responses to "Apa itu NATUNA ?"

  1. menarik gan.. tapi kalau di ponorogo natuna itu kursus setir mobil. he'eee

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa di ponorogo natuna itu kursus setir mabil,,,
      mungkin ide nmannya dari temapatku mungkin sob,,heehe

      Hapus
  2. Sebelumnya saya pernah dengar tentang Natuna, tapi hanya sebagatas tau ada pulau Natuna, setelah membaca artikel ini, saya semakin banyak tau. terimakasih sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob,,,
      terima kasih ya udah mampir ke blog saya,

      Hapus
  3. Semoga saja pemerintah kita dapat senantiasa menjaga, melindungi & mensejahterakan rakyat di Natuna & seluruh wilayah indonesia
    Amien...

    Salam Kenal & Salam Berbagi Sob...

    BalasHapus
  4. amin,,,
    thanks ya sob udah berkunjng ke blog gw,,

    BalasHapus